238 kucing ditemukan dalam satu rumah di Sapporo dalam keadaan terlantar

238 kucing terlantar di Sapporo dalam satu rumah

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan populer di seluruh dunia, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai sahabat mereka, atau lebih tepatnya kucing yang memilih manusia untuk menjadi “sahabat” mereka. Selama masa lockdown di Jepang kemarin, yang mana sejak tanggal 25 Mei sudah dihapuskan masa darurat nasionalnya, ternyata kucing-kucing ini juga terkena dampaknya. Hal ini mencuat setelah ditemukannya 238 kucing terlantar di Sapporo dalam satu rumah yang ditempati bersama dengan sepasang suami istri berusia 50 tahun keatas dengans seorang anaknya.

Kerumunan kucing ini ditemukan ketika pemilik rumah hendak menagih uang sewa rumah, karena sudah lewat tenggat waktu dari masa pembayaran yang jatuh di bulan maret. Masalah ini langsung mencuat dan para volunteer pecinta kucing langsung menuju lokasi untuk menyelamatkan dan memberikan kehidupan yang layak bagi para sobat bulu tersebut. Yang mengherankan adalah para tetangga sekitar tidak mengetahui akan adanya 238 kucing terlantar di sapporo.

Terlantar, hingga tinggal tulang

Kucing-kucing yang terlantar tersebut ditemukan berada dalam satu rumah dengan keadaan mengenaskan. Dilansir dari halaman berita NHK Jepang, sebagian besar kucing berada dalam kondisi buruk seperti kesehatannya, badan yang terlihat kurus hingga tinggal tulang, serta bulu-bulunya yang rontok dan dipenuhi kotoran mereka sendiri. Bahkan ditemukan beberapa tulang belulang yang diduga adalah jasad dari para kucing yang telah mati lebih dulu. Kemungkinan besar kucing-kucing yang sudah wafat tersebut setelah menjadi bangkai langsung di “kanibal” oleh kucing lainnya. Membayangkan mereka kelaparan dan harus memakan bangkai saja sudah menyedihkan, apalagi harus memakan bangkai sesama kucing.

Setelah diselidiki lebih lanjut, sang pemilik ternyata tidak melakukan proses sterilisasi terhadap peliharaan mereka. Hal ini membuat para sobat berbulu kita ini terus menerus beranak pinak, namun karena sangat banyaknya, mereka perkembang biakan mereka tidak dapat dicegah.

Aksi Team Pecinta Kucing

Menyelamatkan 238 kucing sekaligus merupakan hal yang tidak mudah, terlebih dengan kondisi mereka yang beragam dan cukup mengenaskan. Butuh kerja sama dari berbagai pihak baik para volunteer, fasilitas kesehatan hewan, shelter kucing ataupun juga para pecinta kucing di Jepang pada khususnya. Para kucing ini dipastikan akan mendapatkan perawatan terbaik. Walaupun pasti akan ada beberapa yang tidak terselamatkan, namun kita harus berusaha yang terbaik. Tidak diketahui apakah ada sanksi yang diberikan terhadap pasang suami istri pemilik rumah tersebut.

Yang pasti jika kalian ingin memelihara kucing, pastikan 5 hal ini sebagai saran utama yang bisa kalian ikuti

  1. Sterilisasi peliharaan jika diperlukan
  2. Jangan dibiarkan berkeliaran di luar rumah
  3. Jaga kesehatan, jika perlu perawatan bisa segera ke pet shop atau dokter hewan
  4. Jaga kebersihan baik dari sisi makanan, tempat tinggal hingga tempat buang kotoran
  5. Peliharalah kucing sesuai dengan kemampuan kalian dalam menyayanginya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *