6 Karakter Guru / Pelatih Dalam Anime Terbaik

Karakter Guru / Pelatih Dalam Anime Inspiratif Buat Para Calon Guru / Pelatih

Halo semuanya! Semoga saja kalian dalam keadaan yang baik – baik saja. Kali ini kami akan membahas 6 karakter guru / pelatih dalam anime terbaik versi Masobu. Buat kalian yang masih sekolah maupun yang sudah menjadi mahasiswa, tugas – tugas kalian sudah pada selesai belum? Kalau belum, kalian bisa selesaikan dulu baru lanjutkan membaca artikel ini yah! Jangan sampai kalian gagal menyelesaikan tugas – tugas kalian karena keasikan membaca artikel – artikel menarik di situs kami.

Buat yang tugas – tugasnya sudah selesai, ini dia 6 karakter guru / pelatih dalam anime terbaik versi kami:

1. Eikichi Onizuka

Karakter Guru dalam Anime Great Teacher Onizuka
Karakter Guru dalam Anime Great Teacher Onizuka

Yang pertama adalah Eikichi Onizuka dari serial anime Great Teacher Onizuka (GTO). Dia adalah guru ilmu sosial di Holy Forest Academy. Namun para murid di sekolah tersebut lebih mengenalnya sebagai guru yang mengajarkan nilai – nilai kehidupan. Pengalamannya sebagai mantan preman justru membuatnya tidak pernah menggunakan kekerasan fisik kepada para muridnya.

Sebagai wali kelas 3-4, ia bukan guru yang memiliki IQ yang paling tinggi di kelas yang ia wakili tersebut. Namun ia berhasil mengubah para murid yang nakal di kelasnya menjadi seorang murid yang sudah seharusnya melaksanakan kewajibannya sebagai murid. Tidak jarang Onizuka sensei ini harus ikut campur ke urusan pribadi para muridnya demi menyelesaikan masalah yang dia dan muridnya hadapi. Hasilnya, banyak murid yang awalnya sangat membencinya justru menjadi sangat menyukainya.

Buat kalian yang pernah menjadi preman / pentolan semasa sekolah dan ingin menjadi guru, kalian wajib menonton anime tersebut. Hanya karena kalian punya fisik di atas para murid yang kalian ajari, bukan berarti kalian harus menggunakan kekerasan fisik kepada murid – murid kalian. Karena metode penyelesaian itu tidak cuma mengandalkan fisik.

2. Doburoku Sakaki

Karakter Guru dalam anime Eyeshield 21
Karakter Guru dalam anime Eyeshield 21

Buat kalian yang ingin menjadi pelatih sebuah tim olahraga di sekolah, ada baiknya kalian mengambil contoh metode pelatihan yang dilakukan oleh Doburoku Sakaki. Alasannya adalah karena ia berhasil melatih beragam anggota tim american football-nya SMA Deimon. Bayangkan ada kapten Hiruma Youichi si pentolan sekolah yang sebenarnya bisa saja mengancam coach Sakaki kapan saja. Namun pada akhirnya, coach Sakaki sanggup menyatukan tim Deimon Devil Bats hingga memenangi Christmast Bowl.

Coach Sakaki adalah tipe pelatih yang mampu memberikan pelatihan bar – bar kepada para anggota tim. Namun ia juga merupakan pelatih yang sangat menyayangi dan mempercayai tim-nya. Bahkan ia pernah mempertaruhkan seluruh uangnya kepada tim Deimon Devil Bats ketika melawan tim yang terkuat di Kantou.

Coach Sakaki secara tidak langsung mengajarkan pembaca / penonton anime Eyeshield 21 bahwa sebagai seorang pelatih, tidak perlu menjadi yang terkuat, tercepat, dan terpintar di dalam tim. Yang paling penting adalah memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki oleh seluruh anggota tim dan mempercayai mereka.

3. Meisuke Nueno

Karakter Guru dalam Anime Jigoku Sensei Nube
Karakter Guru dalam Anime Jigoku Sensei Nube

Meisuke Nueno atau biasa dipanggil Nube adalah guru ahli roh di SD Doumori. Sebagai guru ahli roh, ia bertugas untuk mengajarkan segala hal seputar dunia roh yang ada di Jepang. Nube sensei juga secara tidak langsung bertanggung jawab kepada keamanan para muridnya dari gangguan – gangguan roh jahat menggunakan tangan iblis kirinya.

Biarpun ia sangat ahli dengan urusan dunia roh, ia juga bisa mengajarkan hal – hal yang bersifat duniawi kepada para muridnya. Seperti mengajarkan untuk menjadi berani, jangan malas, dan tidak boros. Tidak jarang ia juga berusaha melindungi para roh yang memiliki masalah.

Nube sensei secara tidak langsung mengajarkan kepada kita bahwa sebagai seorang guru, kita harus bisa menggunakan keahlian yang kita miliki untuk tidak hanya melindungi diri sendiri dan murid sendiri. Melainkan juga melindungi segala sesuatu di sekitar kita tanpa pamrih.

4. Keishin Ukai

Karakter Guru dalam anime Haikyuu!!
Karakter Guru dalam anime Haikyuu!!

Keishin Ukai adalah cucu dari mantan pelatih tim bola voli SMA Karasuno bernama Ikkei Ukai. Keishin Ukai mengikuti jejak kakeknya menjadi pelatih tim bola voli SMA-nya. Keishin Ukai merupakan pelatih yang sangat kompetitif dan gemar mengajak tim bola voli SMA lain untuk berlatih tanding dengan SMA Karasuno.

Keishin Ukai sangat senang apabila para anggota tim ingin berkonsultasi dengannya perihal menjadi atlit yang lebih baik. Ia mengajarkan soal timing ke Kei Tsukishima tentang bloking yang baik. Dan yang paling luar biasa adalah ia membantu Shouyou Hinata yang ingin bermain voli pantai hingga menelepon semua relasi yang ia kenal di bidang tersebut hingga akhirnya pelatih Tanji Washijo dari SMA Shiratorizawa mau memperkenalkan muridnya yang ada di Brazil untuk melatih Shouyou Hinata.

Pelatih Keishin Ukai adalah tipe pelatih yang memiliki banyak relasi dan tau bagaimana memanfaatkan relasinya untuk perkembangan seluruh anggota tim tanpa terkecuali mereka yang jarang tampil di pertandingan utama.

5. Jiraiya

Karakter Guru dalam anime Naruto
Karakter Guru dalam anime Naruto

Jiraiya adalah guru dari banyak ninja legenda di desa Konoha dalam anime Naruto. Ia tidak memiliki banyak murid, namun dua diantara muridnya adalah orang yang pernah / sedang menduduki jabatan Hokage. Walaupun dua muridnya yang lain justru membuat organisasi yang suka membuat kekacauan, harus diakui kalau Jiraiya sangat ahli meningkatkan jurus – jurus ninja yang dimiliki oleh keempat muridnya.

Selain mengajari banyak hal ke Naruto Uzumaki, ia juga sibuk mengarang novel yang sangat digemari oleh Kakashi Hatake. Bisa dibilang beliau adalah guru paling multi talenta di jagat anime Naruto.

Meskipun beliau adalah guru yang mesum, sampai akhir hayatnya Jiraiya tidak pernah tertangkap melakukan tindak pemerkosaan dan semacamnya. Bahkan secara tidak langsung, sebagai guru ia mengajarkan kepada para penikmat serial Naruto bahwa seorang guru itu harus mengetahui potensi dari para muridnya dan mengembangkannya semaksimal mungkin. Bukan seperti menyuruh ikan memanjat pohon beringin.

6. Toshinori Yagi (Allmight)

Karakter Guru dalam anime My Hero Academia
Karakter Guru dalam anime My Hero Academia

Toshinori Yagi atau yang banyak fans anime kenal dengan sebutan All Might adalah guru paling populer di SMA UA. Bagaimana tidak? Sebelum jadi guru saja ia sudah menjadi hero yang paling terkenal. Bagaimana bisa sebegitu terkenal? Alasannya adalah karena ia memiliki kekuatan dan kecepatan yang paling kuat dibandingkan hero lain. Sehingga dengan demikian, ia bisa menyelamatkan lebih banyak korban dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan hero – hero lain.

Biarpun sudah menjadi guru di UA dengan modus mencari penerus, ia tetap mencoba mempertahankan rekornya untuk menolong sebanyak mungkin orang. Adapun kehebatan lainnya selain bisa menyelamatkan banyak orang di luar sekolah, ia juga mampu menyelesaikan beragam masalah antar murid. Meskipun ia bukan wali kelas dari kelas 1-A, ia pernah masuk ke USJ sendirian dan berusaha menghabisi para penjahat yang mengganggu murid – murid kelas 1-A.

Toshinori Yagi adalah guru dalam serial manga dan anime My Hero Academia yang secara tidak langsung memberi contoh kepada para fans bahwa seorang guru tidak boleh pilih kasih dalam membantu semua murid yang merasa kesulitan.

Nah itu dia 6 karakter guru dalam anime yang sepak terjang-nya bisa dicontoh. Tentunya semua guru yang disebutkan di atas memiliki kelebihan beserta kekurangannya masing – masing. Mudah – mudahan kalian bisa mendapatkan pesan positif yang menginspirasi kalian untuk menjadi guru / pelatih yang secara tidak langsung bisa memajukan negara kalian.

Menurut kalian sendiri, siapa sih guru terbaik di antara beragam serial anime? Tulis di kolom komentar ya!

Baca juga artikel menarik lainnya di sini.

Jadilah anggota fanspage kami di Facebook untuk update terbaru kami di sini.