7 Wilayah di Jepang berstatus Darurat Nasional Hingga 6 Mei, Tanpa Lock Down?

Jepang Darurat Nasional

Menanggapi status wabah covid-19 yang tejadi di Jepang, baik yang positif ataupun yang sudah dinyatakan meninggal, hingga saat ini semakin banyak menelan korban. Berbagai usaha dan upaya sudah dilakukan oleh pemerintah Jepang sehingga akhirnya akan segera diberlakukannya Jepang Darurat Nasional terkait Novel Coronavirus ataupun Covid-19 ini.

Jepang resmi menyatakan keadaan darurat nasional terkait lonjakan kasus virus corona. Publik memberi dukungan penuh terhadap kebijakan ini. Sebelumnya telah diberitakan darurat nasional ini mulai efektif diberlakukan pada Selasa tengah malam. “Ketika saya memutuskan bahwa suatu situasi yang dikhawatirkan mempengaruhi kehidupan orang-orang dan ekonomi telah terjadi… Saya menyatakan keadaan darurat,” kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dikutip dari kompas.

Jepang Darurat Nasional

7 Wilayah di Jepang Darurat Nasional

7 wilayah di Jepang dinyatakan sebagai pusat penyebaran covid-19 terbanyak dan berstatus Darurat Nasional adalah sebagai berikut

  1. Tokyo
  2. Osaka
  3. Chiba
  4. Kanagawa
  5. Saitama
  6. Hyogo
  7. Barat daya Fukuoka.

Keadaan darurat yang telah ditetapkan di Tokyo, Chiba, Kanagawa, Saitama, Osaka, Hyogo, dan barat daya Fukuoka. Dengan kondisi darurat nasional ini, para gubernur di wilayah yang ditetapkan dapat meminta warganya untuk tetap di rumah dan menutup tempat usaha. Namun banyak supermarket dan toko-toko lain akan tetap buka, sementara transportasi akan terus berjalan.

Lalu kekuasaan terkuat yang diberikan ke gubernur adalah dibolehkan mengambil bangunan atau tanah untuk tujuan medis. Ini bisa berarti mengharuskan pemilik tanah untuk menyerahkan propertinya agar bisa dibangun fasilitas medis sementara, atau beberapa tempat usaha untuk memberi ruang bagi perawatan pasien.

Berlangsung 1 Bulan

“Kami akan mencegah penyebaran infeksi sambil mempertahankan layanan ekonomi dan sosial seperti angkutan umum sebanyak mungkin,” terang Abe. Untuk mengatasi dampak ekonomi, Abe pada Senin meluncurkan paket stimulus senilai 108 triliun yen (sekitar Rp 16,5 kuadriliun), atau 20 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Kondisi darurat nasional ini akan berlangsung sekitar 1 bulan.

One thought on “7 Wilayah di Jepang berstatus Darurat Nasional Hingga 6 Mei, Tanpa Lock Down?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *