Lawan Covid-19, Asosiasi Game Retro Jepang Sumbang 100 Console Retro dan Final Fantasy VI

Asosiasi Game Retro Jepang Lawan Covid-19 dengan SUFAMI

Game console erat sekali hubungannya dengan Jepang, beberapa game console besar dan berkembang dari negara matahari terbit ini. Tentu saja tidak heran akan adanya asosiasi yang berawal dari para penikmat retro game. Adalah JARGA, Japan Retro Game Association, yang siap untuk melawan Covid-19 dengan bantuan console retro yang mereka sayangi. Semenjak darurat nasional di Jepang yang di informasikan sebelumnya, tentunya banyak orang yang harus tinggal didalam rumah. Untuk mendukung himbauan pemerintah tersebut, Asosiasi game retro Jepang Lawan Covid-19 dengan cara memberikan kenangan bermain game kembali keingatan para orang-orang. Baik kepada mereka yang sudah berumur serta bagi mereka yang masih anak-anak.

Dilansir dari rilis di website resmi JARGA yang menginformasikan akan adanya kegiatan donasi atau pemberian seperangkat console retro (dalam hal ini Super Famicom) yang diperuntukan bagi warga Jepang yang saat ini harus berada dalam rumah saja. Ada 100 paket console retro lengkap dengan dua game andalan yang siap dibagikan secara cuma-cuma.

Paket Retro Game Untuk Lawan Coronavirus

Paket retro game yang hendak dibagikan secara gratis untuk warga Jepang agar dirumah saja terdiri dari paket lengkap siap main Super Famicom, (1 mesin super famicom, 1 controller, 1 Adaptor, 1 set kabel A/V) bonus 2 cartridge game yang populer yaitu Donkey Kong dan juga Final Fantasy VI. Pokoknya tinggal colok saja ke televisi dengan kabel A/V biasanya, bukan HDMI, dan langsung bisa bermain game-game yang kalian sukai.

Asosiasi Game Retro Jepang Lawan Covid-19
Asosiasi Game Retro Jepang Lawan Covid-19

JARGA juga menjelaskan bahwa paket ini merupakan barang-barang pre-loved, alias barang yang sudah lama dimiliki dan tentunya sering dimainkan. Maka tidak akan heran jika ada beberapa goresan, warna kusam ataupun coretan di beberapa bagian mesinnya.

Asosiasi Game Retro Jepang Lawan Covid-19
Asosiasi Game Retro Jepang Lawan Covid-19

Asosiasi ini memastikan bahwa semua barang-barang retro game ini telah melalui proses pengecekan dalam beberapa tahap. Yang pertama adalah “tes nyala” yang berarti dapat dimainkan secara normal dan nyaman baik dari mesin juga controller gamenya, agar tidak disalah-salahin kembali ketika kalah. Test yang kedua adalah tes Covid-19 yang mana para anggota team JARGA telah membersihak semua barangnya dengan cairan disinfektan.

Asosiasi Game Retro Jepang Lawan Covid-19
Asosiasi Game Retro Jepang Lawan Covid-19

Cara Mendapatkan Paket Bantuan Retro Game

Untuk mendapatkannya Kalian hanya perlu kirim email ke info@jarga.or.jp dengan subject SFCプレゼント係 beserta alamat pengiriman (lengkap dengan kode pos), nama dan juga no telepon yang aktif. Syarat yang lainnya adalah sang pemohon harus mempunyai keluarga yang berumur 16 tahun kebawah, serta mau untuk menanggung ongkos kirim di kisaran ongkos kirim 1000 hingga 2000 yen.

Mesin retro game ini juga memiliki garansi selama 7 hari kerja setelah barang sampai, jika ada mesin ataupun kabel dari controller yang rusak agar dapat langsung menghubungi team JARGA.

Sekilas tentang JARGA

Asosiasi Game Retro Jepang merupakan kumpulan para penikmat serta kolektor game retro, khususnya yang dibuat dan mempunyai sejarah khusus dengan Jepang. Jarga berdiri sejak 2011 dengan tujuan utama adalah untuk menjadikan game retro sebagai warisan budaya (Jepang) dan harus dijaga untuk pelestariannya. Sungguh sebuah hal yang unik dari passion dan rasa cinta terhadap Retro game, Direktur dan Wakil Direktur Asosiasi ini merupakan para kolektor yang tidak tanggung-tanggung dalam mengerjakan hal yang mereka sukai. Untuk mewujudkan hal tersebut, makan JARGA melakukan beberapa hal yaitu

  1. Perbaikan dan Perawatan yang mencakup
    1. Memperbaiki peralatan game,
    2. Mempelajari teknologi perawatan,
    3. Mengembangkan dan memastikan suku cadang perawatan,
    4. Melatih dan merekomendasikan insinyur.
  2. Appraisal System
    1. Membangun sistem penilaian dari software game retro
    2. Membangun sistem penilaian dari mesin console game retro.
  3. Museum Game Retro, Sebuah tempat di mana budaya game Jepang dapat diperkenalkan ke seluruh dunia.
  4. Mengenali insinyur yang bekerja dengan game retro dan yang melindungi budaya game retro.

One thought on “Lawan Covid-19, Asosiasi Game Retro Jepang Sumbang 100 Console Retro dan Final Fantasy VI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *