Demi Masa Depan Pembelajaran, KOVEE Menyelenggarakan XR-Project di Jakarta

Bagaimana cara belajar untuk generasi masa depan?

Menurut data Bank Dunia yang dirilis pada tahun 2021, banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang menghentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka selama 55 minggu.

Dewasa ini, diketahui bahwa beberapa sekolah di wilayah PPKM level 1-3 telah mendapatkan izin dari pemerintah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam kondisi yang seperti ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membangun sebuah kurikulum darurat untuk sekolah daring yang bertujuan mendukung pembelajaran siswa dari rumah. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran tersebut kepada para siswa. Yah namanya juga proyek besar, pastinya akan ada kendala yang tidak mudah untuk dilalui.

XR Project by KOVEE

Jadi apa yang perlu kita lakukan?

Untuk menemukan solusi atas masalah tersebut, perusahaan perwakilan konten virtual tiga dimensi (3D) dari Indonesia dan Korea, berkolaborasi untuk mengadakan acara spesial di KOVEE VR PARK yang bertempat di Jakarta pada bulan Desember 2021.

Tentunya untuk menjalankan proyek yang cukup besar tersebut, KOVEE tidak melakukannya sendirian. ASEAN-Korea XR Project for Edutech akan diadakan di Indonesia dengan dukungan dari Korea BIPA (Busan IT Industry Promotion Agency). Acara tersebut telah dipersiapkan selama 6 bulan terakhir dengan kolaborasi bersama SHINTA VR, perusahaan virtual tiga dimensi terkemuka di Indonesia, KOVEE, perusahaan yang membangun Taman bertema VR pertama di Indonesia, serta Stoic Entertainment, perusahaan Korea yang memproduksi pengalaman belajar yang aman dari merek dagang terkenal.

Secara khusus, perusahaan KOVEE Korea dan SHINTA VR memutuskan untuk menggunakan KOVEE VR Theme Park, yang sempat ditutup akibat pandemic COVID-19. Perusahaan KOVEE menandatangani kerjasama strategis bersama 1000 Guru Pionir VR, sebuah program para guru di Indonesia untuk mempelajari metode Pendidikan berbasis teknologi virtual reality.

KOVEE dengan SHINTA VR

Sebagai hasilnya pada webinar daring pendidikan realistis yang akan diadakan pada 18 Desember 2021, sebuah seminar bermanfaat akan disiapkan untuk pertukaran informasi dan efek dari pengalaman pembelajaran realistis oleh guru-guru dari Indonesia dan Korea dalam ruang lingkup Pendidikan. Mudah – mudahan saja bocoran dari isi seminar tersebut akan segera dirilis secepatnya supaya seminar tersebut bisa lebih mudah dan cepat dalam memperkenalkan proyek yang melibatkan dua kementrian ini.

Sebagai tambahan, sebuah konten kelas dan pengalaman memasak yang aman diproduksi menggunakan game ‘My Little Chef’. Bisa dibilang alasan terpilihnya game ‘My Little Chef’ adalah karena game tersebut telah meraih total download sebanyak 22 juta di seluruh dunia. Kemudian ada juga animasi ‘Strong Warrior Mini Ranger,‘ animasi Korea yang telah tayang di Indonesia. Konten – konten tersebut telah disiapkan untuk para anggota 1000 Guru Pionir VR supaya kelak dapat digunakan dalam ruang lingkup pendidikan.

Wah ini sih akan menjadi metode pendidikan yang bikin para orang tua murid yang biasa memarahi anaknya dengan mengatakan,”Main game terus, belajar!”. Karena para murid kalau tidak memainkan game justru tidak bisa belajar. Sepertinya para guru perlu mengadakan rapat dengan para orang tua murid mengenai hal tersebut.

My Secret Recipe VR

Secara khusus KOVEE VR Theme Park Jakarta, yang sempat ditutup akibat COVID-19 telah dibuka kembali dan akan mengadakan acara GRATIS di mana kalian dapat merasakan dua konten pendidikan realistis (My Little Chef & Mini Ranger) selama sebulan mulai dari Desember. Di halaman acara resmi Facebook (aseanxrproject), acara kuis pada metaverse, pendidikan realistis, dan Hallyu akan diadakan dengan menyediakan banyak produk. Ini sih sepertinya akan seru banget buat diikutin.

Bagi kalian para guru, murid dan orang tua yang ingin menemukan solusi pendidikan realistis serta masa depan, jangan lewatkan acara ini! Bisa – bisa kalian malah menyesal di masa depan nantinya. Alasannya? Acara ini merupakan acara nasional berkualitas internasional yang diadakan secara gratis. Acara dengan manfaat yang banyak dan kualitas yang bagus seperti ini seharusnya tidak mungkin tidak akan memiliki manfaat di masa yang akan datang.

Baca juga artikel menarik lainnya di sini.