Halloween di Shibuya, Sampah menumpuk setelah pesta semalam suntuk

Halloween di Shibuya semalam suntuk, bonus sampah yang menumpuk

Halloween bagi orang Jepang dapat dianggap sebagai hari raya atau hari besar yang wajib dirayakan, sama seperti natal dan juga valentine days. Tidak ada kaitannya dengan keagamaan ataupun kepercayaan, Halloween merupakan suatu perayaan yang berasal dari Inggris dan Irlandia, yakni dengan berkeliling perumahan sambil meminta permen/makanan kecil dengan frasa khusus, “Trick or Treat!”. Nah dari tahun ketahun, perayaan ini semakin diminati banyak orang, khususnya di kota-kota besar seperti Tokyo dan sekitarnya. Terlebih Jika kalian hendak merayakan Halloween di Shibuya semakin ramai. Sampah menumpuk setelah pesta semalam suntuk.

Halloween di Shibuya
Halloween di Shibuya

Dampak Negatif, Sampah dan pemabuk

Ternyata tidak sedikit dampak negatif dari perayaan pesta Halloween di Shibuya, hal yang paling sangat dirasakan di setiap tahun adalah jumlah sampah yang ditinggalkan. Selain itu juga banyaknya orang yang mabuk dan teler dijalanan membuat kesan kota shibuya tambah kumuh.

shibuya halloween sampah 2
shibuya halloween sampah 2

Dengan jumlah orang yang berkumpul secara massive dan tidak dapat terkendali, sampah-sampah pun bermunculan. Botol minuman, makanan bahkan aksesoris dan pakaian yang terlepas saat berpesta semalaman suntuk terlihat berserakan di jalanan.

shibuya halloween sampah 2 shibuya halloween sampah 2 shibuya halloween sampah 2

Sampah yang menumpuk tersebut sangatlah tidak sedap dipandang, terlebih ketika pagi hari tiba. Benar-benar membuat citra buruk bagi kota metropolitan sebesar Shibuya. Untunglah masih banyak orang-orang yang peduli terhadap lingkungan, yang masih tetap bisa bersenang-senang tanpa lupa akan menjaga kebersihan. Mereka pun melakukan gerakan bersih-bersih

Mereka yang peduli lingkungan

Tentu saja bukan Jepang namanya kalau tidak ada yang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Walaupun sebagian orang (yang terdiri dari ribuan orang yang sudah berpesta halloween semalaman) banyak yang tidak perduli dengan sampah yang mereka buang sembarang, tapi tetap ada segelintir orang yang berniat membersihkannya. Gerakan-gerakan kepedulian sosial ini terhadap sampah-sampah selepas acara Halloween semakin marak bermunculan dari tahun ke tahun.

shibuya bersih-bersih
shibuya bersih-bersih
shibuya bersih-bersih
shibuya bersih-bersih

Para volunteer ini membersihkan setiap jengkal sampah dengan harapan dapat menjaga kebersihan kota dan membuat orang lain juga menjaga kebersihan disekitar mereka.

shibuya bersih-bersih
shibuya bersih-bersih
shibuya bersih-bersih
shibuya bersih-bersih

Tidak sedikit pula anak-anak yang turut serta mengumpulkan bekas bungkusan makanan dan minuman yang berserakan dijalan. Semua dimasukan kedalam plastik khusus yang nantinya akan dibuang ketempat pembuangan sampah akhir

Larangan Minuman keras di shibuya pada saat Halloween

Setelah Sampah. para pemabuk yang kerap kali tertidur di jalanan banyak terlihat di pinggiran toko sejenis seven eleven. Minuman keras juga terkadang dapat menjadi pemicu keributan, orang-orang yang berada dibawah pengaruh minuman keras cenderung bersifat lebih agresif dan tidak mau kalah.

shibuya halloween sampah 2 shibuya halloween sampah 2

Hal inilah yang membuat pemerintahan Shibuya mencanangkan gerakan #ShibuyaPride #ShibuyaHalloween serta melarang konsumsi di area shibuya selama tanggal tertentu, khususnya saat Halloween. Sang Pejabat kota Shibuya sebelumnya pun mengundang seluruh orang untuk merayakan dan berpesta Halloween bersama sama di Shibuya. Namun dia berharap untuk para pengunjung agar merayakannya dengan penuh kesadaran moral, sopan dan santun yang dijaga, serta mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku diarea Shibuya.

Semua gerakan sosial ini semata demi lancarnya acara perayaan tahunan di Shibuya, agar semua pengunjung juga merasa nyaman dan aman tanpa ada yang dirugikan satupun. Jadi apakah kalian mau merayakan pesta Halloween semalam suntuk di Shibuya???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *