Jepang Ilegalkan Pemukulan Pada Anak Sendiri Ketika Memberikan Hukuman

Jepang Ilegalkan Pemukulan Pada Anak

Banyak dari kita telah mengetahui bahwa Jepang dinilai sebagai Negara yang ramah terhadap anak dan juga memiliki kepribadian yang baik. Sangat jarang kita lihat Baku hantam atau argument yang terjadi pada berbagai lingkup kehidupan sosialnya. Namun, Kabinet Jepang (yang terdiri dari Perdana Menteri Shinzo Abe dan sejumlah menteri tingkat tinggi lainnya) merasa bahwa orang tua di Jepang belum cukup menerima bahwa kekerasan bukanlah jawaban ketika mendisiplinkan anak-anak mereka. Hal ini membuat pemerintah Kabinet Jepang Ilegalkan Pemukulan pada anak ketika mendisiplinkan mereka.

Jepang Ilegalkan Pemukulan Pada Anak
child abuse Japan dari WhatJapanThinks.com

Menurut Survei yang diambil dari website WhatJapanThinks.com di tahun 2010, penduduk jepang masih beranggapan bahwa memarahi anak dengan memukul mungkin di butuhkan. Bahkan 21% sangat setuju ketika kekerasan digunakan dalam proses pendisiplinan ini.

Rancangan Undang Undang

Tercatat pada tanggal 19 Maret 2019 yang lalu, Kabinet mengajukan RUU kepada Diet (Parlemen Nasional Jepang) yang akan menjadikan ilegal bagi orang tua untuk memberlakukan hukuman fisik terhadap anak-anak mereka. Selain itu ada beberapa poin yang bisa disimpulkan dari Proposal pengajuan undang-undang ini. Poin-poinya adalah sebagai berikut

  • Kekerasan terhadap anak secara fisik adalah ilegal
  • Membentuk Pusat Kesejahteraan anak, setidaknya satu di setiap kota dengan populasi 200.000 penduduk
  • Persyaratan saat ini adalah hanya untuk daerah dengan populasi lebih dari 500.000 penduduk.
  • Pusat-pusat ini akan diharuskan memiliki seorang pengacara dan staf medis profesional
  • Tujuannya agar dapat mendiagnosis pelecehan dan kekerasan terhadap anak dengan lebih baik dan merespons dengan tepat.
  • Undang-undang baru ini juga akan memperkuat protokol berbagi informasi antara layanan kesejahteraan anak dan departemen kepolisian dalam upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk menemukan pelecehan.
Jepang Ilegalkan Pemukulan Pada Anak
Jepang Ilegalkan Pemukulan Pada Anak

Undang-undang ini dibuat cukup kompleks agar dapat benar-benar melindungi anak-anak dari tindak kekerasan. Namun apakah efektif? Jika sang anak terlanjur sudah nakal dan butuh penangan lebih lanjut.

Komentar Pemerintahan Jepang

Beberapa komentar yang telah diutarakan oleh para petinggi pemerintahan di Jepang sendiri kebanyakan bernada setuju terhadap hal ini. “Saya ingin kita mengambil semua langkah untuk memberantas pelecehan anak, dan berkomitmen untuk melindungi anak-anak,” kata Abe, yang adalah ketua Partai Demokrat Jepang yang liberal. Di luar partai Abe sendiri, ada banyak anggota tingkat tinggi Komeito, Partai Demokrat Konstitusional Jepang, dan Partai Demokrat untuk Rakyat yang juga telah menyuarakan dukungan untuk amandemen yang diusulkan. Hal ini jika memang akan diresmikan menjadi undang-undang baru benar-benar akan berlaku pada bulan April 2020. Sebuah usaha melindungi anak-anak dari kekerasan didalam keluarga.

Sumber : soranews24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *