Komik One Piece Penyebarannya Memuncaki 490 Juta di Seluruh Dunia

Komik One Piece karya Eiichiro Oda telah melampaui 490 juta eksemplar yang beredar di seluruh dunia pada hari Senin(19/07/21). Secara keseluruhan lebih dari 400 juta di Jepang dan 90 juta yang tersebar setidaknya di 57 Negara dan wilayah lainnya.

490 juta adalah nominal untuk eksemplar yang beredar dan belum tentu terjual semua, bukan eksemplar cetakan ke-dua atau berikutnya.

Komik ini memperingati volume ke-100, yang akan dikirimkan pada 3 September, sekaligus dengan beberapa proyek. Salah satunya adalah Kibo Discover Project, sebuah kolaborasi antara One Piece dan penerbit Shueisha, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), dan perusahaan produksi interaktif Bascule. Proyek ini akan menantang masyarakat untuk menyebarkan “Harapan” ke seluruh dunia dengan menjelajah ke luar angkasa. (Kibo atau “Harapan” adalah nama modul Jepang dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, serta sistem komunikasi video antara Intenational space station(ISS) dan Bumi).

Proyek peringatan lainnya termasuk Crossover Where’s Waldo, “Voice Manga” dari Komik one-shot Oda “Monsters,” wawancara antara pemeran Luffy dan dua kapten kapal lainnya, dari minat pembaca kepada mereka, Spin-Off ketiga dari Shokugeki no Sanji, program streaming baru di saluran YouTube franchise, rilis gratis (untuk waktu terbatas) dari 90 volume pertama, dan One Piece Knowledge King tes ketiga.

Oda mulai membuat serial Komik One Piece di majalah Weekly Shonen Jump Shueisha pada 19 Juli 1997. Volume ke-57 memiliki cetakan pertama hingga 3 juta eksemplar pencapaian ini membuatnya masuk dalam rekor industri nasional, pada Maret 2010. Volume ke-67 memiliki cetakan pertama 4,05 juta eksemplar dan masuk kembali pada rekor industri nasional baru, pada Agustus 2012.

Komik One Piece juga memenangkan Penghargaan Kartunis Jepang ke-41 pada tahun 2012, dan menetapkan Rekor Dunia(Guinness World Record) pada tahun 2015 untuk “salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh penulis tunggal.”

Pada April 2020, Komik One Piece memiliki 390 juta eksemplar yang beredar di Jepang dan 80 juta eksemplar yang beredar di lebih dari 42 negara dan wilayah lainnya, dengan total lebih dari 470 juta eksemplar yang beredar di seluruh dunia. Oda menerbitkan Chapter

ke-1.000 dalam edisi gabungan 5/6 dari majalah Weekly Shonen Jump pada tanggal 4 Januari. Komik ini mencapai 480 juta eksemplar dalam sirkulasi di seluruh dunia sejak rilis volume ke-98 pada awal Februari 2021.

Dalam sebuah wawancaranya Agustus lalu Oda atau yang akrab disapa dengan sebutan “Oda Sensei” mengatakan bahwa dia berencana untuk mengakhiri cerita(One Piece) dalam empat atau lima tahun.

Sumber: Anime News Network

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *