Lebih dari 20.000 Orang Jepang Bunuh Diri di 2018, Terendah selama 37 tahun

Kasus Bunuh Diri Jepang Terendah Selama 37 Tahun

Jika membahas tentang Jepang, maka ada sebuah sisi kelam yang terjadi di tatanan masyarakatnya, yaitu tingginya Kasus Bunuh Diri Jepang. Banyak hal yang menyebabkan penduduk Jepang untuk akhirnya memutuskan berhenti dari dunia nyata, mengambil jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya. Terlepas dari segala masalah dan penyebabnya, pada tahun 2018 kemarin Jumlah kasus bunuh diri di Jepang telah jatuh ke titik terendah dalam beberapa dekade. Dengan kurang dari 21.000 orang memilih untuk mengakhiri hidup mereka pada tahun 2018.

kasus bunuh diri di jepang
kasus bunuh diri di jepang

Prefektur Kanagawa mengalami penurunan bunuh diri terbesar, dengan penurunan 14% dari angka tahun sebelumnya 1.119. Namun di Tokyo kasus bunuh diri malah meningkat hampir 5%, mungkin karena tekanan hidup di Tokyo yang semakin keras dan tidak bersahabat.

Terendah selama 37 Tahun

Tingkat bunuh diri tinggi di Jepang telah menurun, dan pada tahun 2018  jumlah kasus bunuh diri hanya terjadi sebanyak 20.598. Jumlah ini secara bertahap menurun selama sembilan tahun berturut-turut, meskipun ini adalah pertama kalinya dalam 37 tahun jumlah totalnya mencapai di bawah 21.000 setahun.

Kasus Bunuh Diri Jepang
Turunnya kasus bunuh diri selama 37 tahun

Menurut data yang di lansir dari web news.livedoor.com, kasus bunuh diri yang terjadi pada laki-laki tetap jauh lebih banyak daripada kasus bunuh diri pada perempuan, dengan rasio perbandingan kasus bunuh diri laki-laki 2,2 kali lebih sering daripada perempuan. Namun, perbedaan ini lebih rendah daripada negara-negara Barat seperti Inggris atau Amerika Serikat, di mana jumlah pria yang bunuh diri lebih banyak daripada wanita dengan rasio tiga banding satu.

Masobu Note : Bagi teman-teman yang merasakan depresi atau stress yang berkepanjangan, jangan ragu untuk meminta pertolongan kepada staff ahli, atau bisa kunjungi puskesmas terdekat yang menyediakan fasilitas konseling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *