Murah Banget! Apartemen di Jepang Sebulan Kurang Dari 15.000 Rupiah!

Ada Apartemen di Jepang Dengan Biaya Bulanan Seharga Minuman Boba

Kalian suka baca manga, menonton anime, suka serial Kamen Rider dan semacamnya? Berminat gak kalian untuk tinggal di apartemen di Jepang kalau harga sewa apartemen bulanannya gak sampai 20.000 rupiah? Apalagi kalau ternyata apartemen dengan harga segitu sudah berisikan perabotan dengan merek yang terkenal di skala internasional sekelas IKEA. Yakin duit segitu mau digunakan untuk beli minuman boba daripada sewa apartemen bulanan?

IKEA itu Apa Sih?

Masih ada gak ya pembaca Masobu yang belum tahu sama sekali tentang produk maupun perusahaan IKEA itu sendiri? IKEA adalah perusahaan yang bergerak di bidang perabotan untuk rumah tangga yang berasal dari Swedia. Perusahaan ini didirikan oleh Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia masih berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kata “IKEA” itu sendiri adalah singkatan dari nama Inisialnya IK (tempat ia dilahirkan), Elmtaryd, dan desanya, Agunnaryd. Pada bulan Maret 2021 perusahaan ini sudah memiliki 422 toko di 50 negara termasuk Jepang dan tentunya negara kita yang tercinta, Indonesia.

Ada Hiu Mempromosikan Apartemen di Jepang?

Sebelum IKEA dikenal sebagai perusahaan yang menjual perabotan rumah tangga, perusahaan tersebut sempat hanya menjual pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. Sepertinya IKEA belum merasa puas sampai di menjual perabotan rumah tangga saja. Hal tersebut didasari oleh iklan yang diluncurkan oleh IKEA Jepang dengan maskot seekor hiu berpakaian salaryman. Hiu berpakaian salaryman tersebut mempromosikan apartemen dari IKEA yang harganya amat sangat murah yaitu 99 yen (Rp 12.250,-). Padahal negara Jepang disebut – sebut sebagai salah satu negara dengan biaya hidup termahal di dunia. Namun bisa – bisanya ada apartemen di Jepang yang harga sewa bulanannya setara pecel ayam pinggir jalan.

Isi dari iklan properti yang dipromosikan oleh maskot hiu tersebut diperjelas melalui salah satu postingan akun twitter-nya IKEA Campaign Jepang. Adapun isi dari postingan akun twitter IKEA Campaign adalah berupa gambaran luas dan isi dari apartemen seharga cemilan tersebut.

Kalian tidak perlu mengkhawatirkan apakah luasnya itu sama dengan kardus kulkas yang dilebarkan mengingat banyaknya pengemis Jepang yang tidur di taman dengan kardus. Tapi kalian juga jangan terlalu rakus dengan mengharapkan apartemen yang berkualitas seperti apartemen – apartemennya Agung Podomoro Group dengan harga segitu. Luas dari apartemen tersebut adalah 10 meter persegi. Di dalamnya sudah ada dapur dan kamar mandi serta perabotan merek IKEA. Biarpun luasnya hanya 10 meter persegi, apartemen tersebut sudah dua lantai lho.

Kedua lantai tersebut dihubungkan oleh satu tangga dari lantai satu yang mana melalui pintu masuk kalian bisa langsung melihat dapur, kemudian toilet dan kamar mandi. Lantai dua dari apartemen tersebut bisa dijadikan kamar tidur sekaligus ruang tamu.

Apartemen yang harganya sangat murah tersebut merupakan bagian dari proyek yang disebut dengan “Tiny Homes”. Yang mana melalui proyek tersebut, IKEA ingin menunjukkan bahwa biarpun kalian tinggal di apartemen yang ukurannya kecil, kalian bisa memiliki banyak cara untuk membuatnya menjadi tempat yang nyaman dan sangat menyenangkan untuk ditinggali.

Kalian penasaran juga gak sama hiu biru berpakaian salaryman yang mempromosikan apartemen murah tapi gak murahan tersebut? Kalau kalian penasaran, namanya adalah Blåhaj. Saat ini Blåhaj memang lagi sibuk – sibuknya mengurus promosi dari apartemen karya IKEA tersebut. Selain sebagai yang mempromosikan apartemen, Blåhaj juga memiliki suvenir-nya sendiri yang bisa kalian beli di seluruh toko IKEA. Blåhaj belakangan ini sangat sibuk tampil di beragam iklan mempromosikan Tiny Homes. Akun instagram IKEA Jepang juga mengkonfirmasikan bahwa Blåhaj juga sedang sibuk membagikan brosur ke para calon penghuni apartemen.

ikea3
Instagram Apartemen di Jepang

Sebagus apapun sebuah properti, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Sebelumnya kita sudah menyebutkan beberapa kelebihan dari apartemen murah dan minimalisnya IKEA Jepang ini. Namun apa sih kekurangannya? Salah satu kekurangannya adalah hanya bisa ditinggali dalam waktu yang sangat terbatas yaitu hingga tanggal 15 Januari 2023 saja. Untuk sementara lokasinya juga hanya tersedia di Shinjuku.

Adakah di antara kalian yang berencana tinggal selama kurang lebih setahun di Jepang khususnya Tokyo? Kalau iya, apakah kalian berminat untuk tinggal di apartemen yang sangat murah tersebut? Tulis jawabannya di kolom komentar ya! Yuk kita diskusi.

Sumber: IKEA Jepang

Baca juga artikel menarik lainnya di sini.