Pusat Arcade Sega Yang Baru Telah Dibuka di Ikebukuro

Bangunan “Sega Ikebukuro” dibuka pada tanggal 22 Oktober menggantikan Sega Ikebukuro GiGO arcade yang tutup secara permanen pada bulan September 2020 setelah beroperasi selama 28 tahun.

sega1

Bangunan yang baru merupakan bagian pertama dari “Ikebukuro Project”-nya Sega, nampak lebih kecil dan ramping dibandingkan bangunan yang digantikan olehnya di seberang jalan. Pusat arcade tersebut terdiri dari 5 lantai, yang mana 4 di antaranya berisi mesin capit. Sebagian kecil dari ruangan yang paling atas terdapat mesin gashapon (mainan kapsul) dan area kafe, walaupun tempat tersebut tidak seperti kafe. Alias, tidak ada kursi, dan minumannya-pun harus ambil sendiri dari drink bar.

sega2
sega3

Lantai dasar dari pusat arcade tersebut disediakan untuk game – game arcade konsol seperti Mobile Suit Gundam Extreme Vs. 2 XBoost. Game – nya dirilis di beragam pusat arcade Jepang pada bulan Maret, dan merupakan sedikit dari para game baru yang rilis pada tahun 2021. Totalnya terdapat 20 mesin pada area tersebut.

sega4

Bukan hal yang mengejutkan melihat pusat arcade sebagian besar diisi dengan permainan mesin capit, terutama pada masa sekarang. Sega sendiri mempopulerkan game (yang biasa disebut dengan UFO Catcher di Jepang) tersebut pada tahun 1990, dan tipe permainan tersebut adalah salah satu apabila bukan yang paling memberikan pemasukan dalam industrinya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Industri Hiburan Jepang, anggota asosiasi telah memperoleh 298,8 milyar yen pada tahun 2019 dari permainan mesin capit. Itu merupakan 55,3% dari total pendapatan arcade. Pusat arcade yang sempat menderita karena adanya kasus COVID-19, kini permainan mesin capit bisa menjadi urat nadi dari arcade di Jepang.

sega5
sega6

Sega telah mengenalkan bagian kedua dan ketiga dari “Ikebukuro Project”-nya, jadi cukup memungkinkan kalau akan ada arcade baru yang menggantikan Sega Ikebukuro GiGO, dimana tempat tersebut sebelumnya memiliki 8 lantai berisi permainan arcade, permainan mesin capit, karaoke, photo booth, dan masih banyak lagi.

Sumber : Anime News Network

Lihat beragam informasi lainnya di: Masobu